Jumat, 09 Desember 2016

Senam Jari Akor Piano

Cara Belajar Piano Chord Fingering

Pada postingan blog belajar piano ini saya akan mengambil satu menit di sini untuk menjelaskan Fingering Dasar (Penjarian Dasar) yang anda harus mengunakan dengan tiga not dan empat not chords yang saya jelaskan pada blog ini. Anda harus mengetahui bahwa pengetahun Penjarian Akord (Chord Fingering) ini sangat penting, karena akan memainkan akor dengan mudah serta perubahan antara akord yang berbeda dengan cepat.
Contoh Jari Tangan 

Pada tampilah di atas adalah "gambar jari tangan kiri beserta nama nomor-nomornya. Anda harus mengingat nomor-nomor (angka) pada jari tangan kiri, Ibu jari nomor 1, telunjuk no 2, dst. dan hal ini sama berguna untuk jari tangan kanan anda.

Mayor dan Minor Chord Fingering


Kita mulai belajar piano dengan Akord G mayor, tampilannya seperti gambar di bawah ini :

Gambar : Posisi Tuts Akord G Mayor)

Tangan Kiri

Contoh kita memainkan akord tiga nada, menggunakan nomor jari (5-3-1), jari manis, jari tengah, dan ibu jari. Contoh kita akan memainkan akord G mayor, berari posisi akord jarinya : jari manis dinada G, jari tengan di nada B, dan ibu jari nada D. Posisi jari ini berfungsi untuk semua penjarian untuk akord tiga anda, baik akord Mayor maupun minor.

Tangan Kanan

Penjarian untuk tangan kanan, mangunakan nomor jari ( 1-3-5) terbalik dengan tangan kiri), Ibu jari, jari tengah, jari manis, Contoh kita akan memainkan akord G Mayor untuk tangan kanan : ibu jari nada G, jari tengah nada B, jari manis nada D. Sama hal ini dengan tangan kiri posisi jari ini berfungsi untuk semua penjarian untuk akord tiga anda, baik akord Mayor maupun minor.

Latihan
Silahkan ada coba untuk belajar akord dengan tangan kiri terlebih dahulu, kemudian tangan kanan, dan jika sudah bisa anda bisa coba secara main akord bersamaan tangan kanan dan kiri, sebagai bahan latihan anda Coba pada akord :

C Mayor (C-E-G)
C minor (C-Eb-G)

D Mayor (D-F#-A)
D minor (D-F-A)

E Mayor (E-G#-B)
E minor (E-G-B)

F Mayor (F-A-C)
F minor (F-Ab-C)

G Mayor (G-B-D)
G minor (G-Bb-D)

A Mayor (A-C#-E)
A minor (A-C-E)

B Mayor (B-D#-F#)
B minor (B-D-F#)



0 komentar:

Posting Komentar